Revolusi Mental Bagi guru

Hari Guru Nasional, Anies Canangkan Revolusi Mental bagi Guru

Senin, 24 November 2014 | 15:28 WIB
 
KOMPAS.com/FABIAN JANUARIUS KUWADO Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan.

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2014 pada Selasa (25/11/2014) besok. Sang menteri, Anies Baswedan, menyebutkan bahwa hal ini akan dijadikan momen untuk mengimplementasikan revolusi mental.

Tema HGN 2014 yang dibarengi dengan HUT Ke-69 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tersebut, kata Anies, adalah "Mewujudkan Revolusi Mental Melalui Penguatan Peran Strategis Guru".

"Sesuai arahan Presiden, revolusi mental adalah konsep peningkatan kualitas manusia demi memajukan Republik Indonesia," ujar Anies melalui siaran pers jelang HGN, Senin (24/11/2014).

Anies mengatakan, sehebat apa pun suatu kelembagaan, selama ditangani oleh manusia yang salah kaprah soal pembangunan manusia, hal tersebut tak akan membawa kemajuan. Oleh sebab itu, sasaran yang difokuskan adalah peningkatan kualitas guru. Peningkatan kualitas guru akan menjadi fokus perhatian kementerian Anies pada tahun 2015.
Kepala Badan Sumber Daya Mutu Pendidikan dan Peningkatan Mutu Pendidikan Syawal Gultom mengatakan, program ini menitikberatkan pada penilaian kerja secara individu.

"Sepanjang milestone pembinaan guru, yaitu sejak 2004, (pembinaan) belum memberikan kinerja guru yang maksimal. Penguatan layanan yang profesional berbasis individu mesti dilakukan," ujar dia.

Sekadar informasi, milestone pembinaan para pengajar dimulai pada 2004 ketika guru dinyatakan sebagai sebuah profesi. Tahun 2006, hal tersebut dilanjutkan dengan sertifikasi. Tahun 2008, tunjangan profesi mulai dibayarkan.

Peningkatan kualitas guru, lanjut Syawal, juga dilakukan dengan menambahkan pendidikan dan pelatihan tatap muka guru, baik secara langsung atau maupun online. Rencananya, program ini akan berlangsung bagi 3,2 juta guru yang tersebar di 207-an sekolah di penjuru Indonesia, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

0 komentar:

Posting Komentar

Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates